Bagaimana Menghentikan Keinginan Untuk Belajar Terlalu Banyak dan Fokus Pada Satu Hal?

Banyak belajar banyak yang ditahu. Tapi mempelajari banyak hal dalam satu waktu membuat kita susah fokus, akhirnya tak ada satupun yang kita ketahui secara maksimal. Bagaimana caranya agar bisa menghentikan keinginan untuk belajar banyak dan fokus pada satu saja?




Mulailah dengan daftar hal yang ingin dipelajari :
  • Pertama, tuliskan semua hal yang ingin kamu pelajari dan kelihatan menarik bagimu. Pastikan mencatat semua aktivitas yang kamu sukai sebanyak-banyaknya.
  • Selanjutnya, sisakan 5 hal yang paling membuatmu senang saat mempelajarinya. Tanyakan mengapa hal-hal itu begitu penting buatmu, apakah karena hal itu sesuatu yang kamu ingin pelajari sejak kecil, apakah itu sesuatu yang baru dan cocok dengan keterampilan yang kamu punya atau sesuatu yang paling cocok dengan bakatmu.
  • Dari 5 hal itu, kurangi lagi dan pilihlah 3 teratas yang kamu tidak bisa bayangkan hidupmu nantinya jika tak mempelajarinya. Mudahnya, pikirkan bagaimana mempelajari hal itu memberikan keuntungan buat masa depanmu. Apakah hal itu mempengaruhi masa depan, karir, atau membuatmu lebih bermanfaat di masa depan? Membuat hubungan antara pilihan yang akan kamu pelajari dan apa hasilnya di masa depan bisa membantumu untuk fokus.

Pertimbangkan keterampilan yang kamu punya :
  • Tuliskan keterampilanmu, hal-hal apa yang mampu kamu lakukan dengan baik, apa yang selama ini kamu lakukan untuk mengisi waktu luang, yang sudah kamu lakukan sekian lama dan membuatmu bahagia.
  • Kemudian, tuliskan keterampilan yang sementara kamu pelajari dan kembangkan. Bagaimana kemajuannya, atau hal-hal yang sementara ini tengah kamu lakukan secara konsisten?
  • Selanjutnya tambahkan hal-hal yang kamu pikir adalah kekuatanmu dan telah terbukti memberikan hasil di masa lalu, baik secara personal maupum profesional (penghargaan yang kamu terima, nilai tertinggi di sekolah, pengakuan oleh lembaga atau orang lain). Sekarang kamu bisa lebih fokus pada sekumpulan keterampilan / bakat dan mempersempit mana yang bisa kamu kembangkan.

Cocokkan kesukaan mempelajari hal baru dengan keterampilan/bakat dan kekuatanmu.
  • Lihatlah daftar yang telah kamu susun, 3 hal yang kamu pikir tak bisa tidak harus kamu lakukan selama 10 tahun ke depan, dan temukan mana keterampilan / bakat dan kekuatan yang cocok dengannya. Contohnya kalau kamu suka belajar bahasa dan kamu anggap bahasa asing adalah sesuatu yang penting di masa depan, sesuaikan dengan kekuatan dan pencapaian yang kamu punya sebelumnya. Penghargaan atas lomba debat, punya kedisiplinan mempelajari kosa kata atau manajemen waktu yang membantumu mendesain sebuah konsep atau rencana belajar (study plan) untuk mengembangkannya.
  • Tentukan cara yang tepat bagaimana membuatmu cepat belajar dan mengembangkan hal yang telah kamu pelajari itu. Tak ada sesuatu yang instan, semua butuh waktu, butuh proses dan butuh kerja keras untuk mencapainya. Jangan pernah berhenti latihan dan menjadikan diri lebih baik setiap harinya. Beri target yang wajar untuk mencapainya. Misalnya kamu bisa menguasai hal iti dalam waktu 6 bulan, setahun atau 2 tahun.

Buatlah rencana yang actionable (dapat dikerjakan) dan goal oriented (berorientasi tujuan).
  • Pastikan setiap hal yang kamu pelajari punya tujuan. Sekali kamu memutuskan untuk mempelajari sesuatu, lakukan dengan serius, sungguh-sungguh , tuliskan target dan hal-hal apa yang akan kamu lakukan untuk mempelajarinya. Buatlah tujuannya spesifik, dimana kamu akan mempelajarinya dan sampai kapan? Misalnya kamu ingin mempelajari bahasa Inggris, tuliskan, " Saya ingin lancar berbahasa Inggris di level : basic, intermediate, advanced dan menyelesaikannya pada tanggal (sebutkan)."
  • Buatlah rencana action, buat rencana bulanan dan bagilah setiap minggu akan melakukan apa, kemudian harian, hal ini akan membuat kamu lebih fokus. Kuncinya adalah konsisten, bersedia menyediakan waktu untuk itu, meski hanya 30 menit sehari.

Tandai keberhasilanmu dan rayakan sekecil apapun itu
  • Bantulah dirimu untuk terus termotivasi dengan menandai semua keberhasilan kecilmu. Banggalah atas pencapaian itu dan rayakan dengan minuman dan makanan kesukaanmu, atau sekedar bersantai sambil mengucap syukur. Hal itu akan terus membuatmu termotivasi untuk fokus pada hal-hal yang kamu tahu bisa memberikan hasil.
Good luck..!!

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !