10 Pertanyaan Yang Bisa Mengubah Hidupmu.

Jika ada pertanyaan yang bisa mengubah hidupmu, pertanyaan apakah itu?


pertanyaan


(1) Apakah kamu benar-benar melakukan hal-hal yang kamu inginkan?
  • Jawaban : YA.  Selamat, artinya kamu memang menikmati hidup dan melakukan apa yang kamu inginkan dalam hidup ini. 
  • Jawaban : TIDAK. Ada yang salah dengan kamu. Coba periksa apakah kamu memang terjebak dalam situasi yang tak menyenangkan atau kamu memang tidak ingin meninggalkan hal itu meskipun kamu menderita karenanya.
  • Mengapa harus melakukan hal-hal yang kamu inginkan? Karena orang yang melakukan hal yang disukainya cenderung melihat hidup ini secara positif, terbukti lebih panjang umur dan tingkat stresnya tinggi dibanding mereka yang melakukan hal-hal yang tak diinginkannya.

(2) Berapa banyak target yang kamu buat dan sudah berapa yang terpenuhi?
  • Jawaban : kamu punya target dan sebagian besarnya terpenuhi, itu tandanya kamu memang betul-betul fokus dan tahu apa yang kamu mau dalam hidup.
  • Jawaban : tak punya target, kalaupun punya sebagian besar tidak terpenuhi. Itu tandanya kamu tidak fokus, tidak punya tujuan hidup, kalaupun punya kamu tidak serius untuk meraihnya.
  • Mengapa hidup perlu target? Supaya kita tahu kita menuju kemana, mau apa dan melakukan apa dalam hidup yang singkat ini. Supaya kita tahu apa kita berada di track yang benar menuju impian itu. Mumpung masih tahun baru, perbaiki target atau segeralah menyusun target dan rencana untuk mencapainya.

(3) Apa kamu rela melanggar hukum demi orang tercinta?
  • Jawaban : YA, artinya kamu belum dewasa. Kamu belum bisa membedakan mana yang pantas dan mana yang tidak. Hukum dibuat untuk mengatur masyarakat, untuk dipatuhi. Ada sanksi yang harus dihadapi jika melanggarnya. Kalau kamu rela dijatuhi hukuman hanya karena orang yang kamu sayang menyuruhmu demikian itu betul-betul konyol.
  • Jawaban : TIDAK, artinya kamu dewasa dalam berpikir. Kamu tidak mencampuradukkan perasaan dan tindakan yang pantas. Cinta terhubung dengan hati dan perasaan, tapi tak mesti semua tindakan kita dikuasai perasaan, otak, logika dan akal sehat tetap harus jalan. Kitalah yang mengendalikan perasaan kita bukan sebaliknya.

(4) Adakah sesuatu yang tak bisa kamu lepaskan padahal kamu tahu kamu harus melepasnya?
  • Jawaban : YA, artinya kamu orangnya susah move on. Kamu terjebak di masa lalu dan tak bisa bangkit dan melakukan perubahan. Kamu punya banyak kebiasaan buruk yang tak kuasa kamu ubah, bukan karena tak mampu tapi karena tak mau. Kamu sudah terbiasa dan jadi masa bodo karenanya.
  • Jawaban : TIDAK, artinya kamu tahu bahwa masa lalu tinggal kenangan, masa depan masih misteri, yang kamu miliki hanya hari ini, dan kamu mau memanfaatkannya dengan baik. Kamu tahu bahwa kebiasaan buruk itu seperti ban gembos, kamu tidak akan kemana-mana sampai menggantinya.

(5) Kamu masih ingat teman yang kamu benci 10 tahun lalu? Masihkah kamu membencinya?
  • Jawaban : YA, artinya kamu pendendam dan susah memaafkan. Bagimu sekali benci maka benci itu kamu bawa sampai mati. Kamu punya standar sendiri untuk bergaul, kamu pemilih, hanya bergaul dengan yang kamu suka dan menyenangkan hatimu. 
  • Jawaban : TIDAK, artinya kamu paham bahwa tak ada gunanya mendendam, hanya membuat hati sakit dan pendek umur. Memaafkan dan menerima orang lain apa adanya itu jauh lebih baik. Kamu toh juga tak sempurna. Kamu pasti suka jika orang lain memaafkan kesalahanmu bukan? Kamu jadi lebih bisa masuk dalam kehidupan siapa saja, karena kamu tulus.

(6) Kalau kamu mati sekarang, apakah ada yang kamu sesali?
  • Jawaban : YA, artinya kamu belum menjalani hidup yang kamu mau, yang kamu impikan dan kamu harapkan. Kamu masih terus saja berusaha meraih impian, meski kadang nasib terasa mengombang ambingkanmu.
  • Jawaban : TIDAK, artinya hidupmu telah paripurna. Kamu menjalani hidup yang kamu suka, kamu inginkan dan menjadi apa yang seharusnya kamu impikan. Kamu paham bahwa kematian bisa menjemput kapan saja dan bahwa hidup ini hanya tempat transit. Kamu menjalani hidup sesuai dengan apa yang kamu yakini.

(7) Apa kamu takut berbuat kesalahan meskipun tidak ada hukumannya?
  • Jawaban : YA, artinya kamu dikuasai oleh rasa takutmu. Kamu ingin selalu sempurna dan kesalahan sekecil apapun mengkhawatirkanmu. Akhirnya kamu tak pernah mau berbuat apapun karena kamu takut melakukan kesalahan dan hasilnya tak sesuai harapan. Kamu akhirnya ketinggalan di belakang, sementara orang sudah maju dan melangkah pasti. (baca : singkirkan ketakutan dengan 6 tips ini).
  • Jawaban : TIDAK, artinya tak ada yang bisa menghalangi kamu menuju tujuan. Kamu tahu bahwa kamu bisa saja melakukan kesalahan dan itu wajar. Kamu justru bersyukur dengan kesalahan yang kamu lakukan kamu jadi tahu apa yang benar, kamu jadi bisa memperbaiki diri. Kamu tak membiarkan kesalahan menghalangimu melangkah maju. 

(8) Apa yang membedakan kamu dengan orang kebanyakan?
  • Jawaban : TIDAK ADA, artinya kamu tak tahu potensi apa yang kamu miliki yang membuatmu berbeda dengan orang lain. Kamu suka ikut-ikutan apa yang dilakukan orang lain, tanpa pernah memiliki inisiatif sendiri. Kamu tak ingin tampil beda karena berbeda itu tidak enak. Kamu jadi tak menonjol karena kamu sama seperti orang kebanyakan.
  • Jawaban : BANYAK, artinya kamu tahu potensi diri yang bisa kamu kembangkan. Kamu itu kreatif, bisa menciptakan inovasi dan bisa berprestasi. Kamu suka menggerakkan perubahan, karena kamu yakin bahwa kemajuan mutlak bisa dicapai dengan perubahan. Berani berubah ke arah yang llebih baik.

(9) Apa kamu semakin mendekati tujuan hidupmu?
  • Jawaban : TIDAK /TAK TAHU, artinya kamu tak punya tujuan hidup. Kalaupun ada kamu tak tahu dengan apsti cara mencapainya. Ibarat perjalanan, kamu tersesat dan tak tahu berada di mana dan malah tak paham mau kemana. Akhirnya kamu berjalan luntang lantung kemana kaki ini membawamu. Kalau begitu apa bedanya dengan boneka?
  • Jawaban : YA, kamu tahu apa tujuan hidupmu dan kamu sedang berproses mengarah ke sana. Setiap hari ada kemajuan yang semakin mendekatkan kamu ke cita-cita. Kalaupun apa yang kamu inginkan sudah kamu raih, kamu segera menentukan target baru lagi dan mulai menyusun rencana yang baru lagi. Kalaupun kamu gagal, kamu tak menyerah dan bangkit, karena kamu punya tujuan dan selama tujuan itu belum kamu capai kamu tak akan pernah berhenti berusaha.

(10) Jika hari ini hari terakhir hidupmu di dunia, apa yang kamu lakukan?
  • Jawaban : menangis, merasa sedih berpisah dengan hal-hal yang kamu suka, hal-hal menyenangkan yang kamu lakukan di dunia ini, orang-orang terkasih yang kamu sayang dan menyayangimu. Itu artinya kamu belum bisa menerima kenyataan bahwa manusia akan mati. Kamu ingin menolak ketentuan Tuhan, karena kamu ingin hidup selamanya. Batinmu tak tenang dan berontak yang bisa bikin kamu stres dan frustasi.
  • Jawaban : melakukan hal-hal yang kamu senangi. Kamu paham bahwa kehidupan ada akhirnya dan kita semua menunggu kapan waktu akhir itu tiba. Jika ternyata esok adalah waktu terakhirmu, kamu tak ingin bersedih tapi berusaha menikmatinya. Kamu terus lakukan kebaikan, kamu sebarkan cinta kasih agar kamu bisa pergi dengan tenang, meninggalkan kesan yang baik bagi banyak orang di sekelilingmu. Di smaping itu hatimu bahagia karena telah bermanfaat bagi orang lain meskipun itu di hari terakhirmu.
Well.. pembaca... Silakan dijawab sendiri, ke 10 pertanyaan di atas dengan versi kamu. Belum terlambat untuk melakukan perubahan. Selama nyawa masih di kandung badan, masih ada kesempatan untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Semoga manfaat..!


Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !