10 Hal Buang Waktu Yang dihindari Orang Sukses

Setiap orang diberi waktu yang sama, yaitu 24 jam, tapi kenapa ada yang sukses dan ada yang gagal? Yang membedakan orang gagal dan orang sukses adalah bagaimana mereka memanfaatkan waktu. 


buang waktu


Berikut 10 hal buang waktu yang dihindari oleh orang sukses.

# 1. Tidak mendengarkan.
  • Banyak ide-ide, usul, saran yang bertebaran di mana-mana. Entah itu oleh senior, oleh mereka yang berpengalaman, rekan sejawat, info dari internet atau media sejalan dengan visi misi kita dalam hidup, tapi kita memilih untuk menutup telinga dan enggan mengikutinya.
  • Orang sukses mereka senantiasa membuka telinga dan bersedia mendengarkan ide-ide, saran, usul perbaikan yang dianggapnya bisa membantunya mempercepat jalannya menuju kesuksesan.
baca : kalo mau sukses, belajarlah untuk mencuri
# 2. Tidak menyelesaikan pekerjaan.
  • Sengaja membuat pekerjaan terbengkalai dan tak selesai pada waktunya berakibat menurunnya kredibilitas dan kepercayaan orang lain pada kita. Setelah menghabiskan banyak waktu yang menguras energi ternyata pekerjaan lebih banyak terbengkalai dan tak bisa selesai tepat waktu.
  • Orang sukses menghindari tugas yang tak dapat diselesaikannya, karena dia sangat paham bahwa kredibilitas dan kemampuannya dinilai dari seberapa banyak pekerjaan yang diselesaikannya, dan apakah dia bisa selalu menyelesaikannnya tepat waktu?
baca : 12 keterampilan yang mutlak dibutuhkan untuk sukses
# 3. Lembur.
  • Sebenarnya lembur itu hanya dilakukan oleh mereka yang tidak bisa mengatur jadwalnya dengan baik. Jika sesuatu sudah dijadwal dan direncanakan dan kita bisa mengikuti rencana itu dengan baik, maka tak perlu lembur. 
  • Orang sukses justru mereka yang jarang lembur. Mereka menjadwal aktivitasnya dengan baik. Waktu yang dipakai oleh orang lain untuk lembur lebih baik dia pakai untuk istirahat, kumpul keluarga atau melakukan hobi / hal-hal yang disenanginya.
baca : apa kata kamar tidur tentang kesuksesan?
# 4. Kurang fokus.
  • Kebanyakan kita melakukan hal-hal hanya karena suka tapi tak pernah berpikir apakah ini sejalan dengan cita-cita dan impian kita. Fokuslah pada apa yang ingin dicapai, sehingga waktu yang ada betul-betul dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jika terlanjur keluar dari fokus, tarik diri agar kembali fokus.
  • Orang sukses tidak membuang waktunya untuk mengurusi hal-hal penting dan remeh temeh yang membutuhkan banyak wkatu dan energinya sementara hal itu tak berkontribusi mengantarkannya menuju sukses.
baca : motivasi diri untuk sukses sebagaimana anda harus bernafas.
# 5. Tidak merencanakan dengan baik.
  • Kita suka berjalan seperti air mengalir saja, kedengaran santai dan tak membebani tapi tak membawa kita ke tujuan kita yang sebenarnya. Ibarat buah kelapa yang jatuh ke sungai, tak bisa berbuat apa-apa kecuali membiarkan aliran sungai membawanya kemana dia suka. Kebanyakan kita tak membuat rencana, atau malah kebanyakan rencana tapi tak ada yang diikuti.
  • Orang sukses tahu mau kemana, apa tujuannya, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Semua itu dituangkan dalam perencanaan yang matang, disertai dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Sehingga waktu yang dimiliki benar-benar dimanfaatkan untuk semakin mendekatkan diri ke tujuan.
baca : 3 alasan mengapa motivasi membuat sukses.
#6. Kecanduan gadget.
  • Kebanyakan kita merasa tak bisa lepas dari gadget, hanya untuk sekedar ngobrol, chatting, update status, main game, foto-foto selfie, sehingga saat bekerja pun sebagian waktu kita manfaatkan bermain gadget, sehingga waktu produktif kita berkurang melakukan sesuatu yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan.
  • Orang sukses bukannya gaptek, tapi mereka menggunakan gadget seperlunya, itupun jika terkait dengan tujuannya. Update status boleh sekalian promosi barang. Telpon boleh jika itu calon klien potensial. Gadget bukannya menghabiskan waktunya, tapi mempermudahnya mencapai tujuan.
baca : 13 rahasia sukses berbisnis dari Albert Einstein.
# 7. Kebanyakan inisiatif.
  • Terlalu banyak inisiatif justru membuatnya bingung dan lambat mengambil keputusan, tak tahu harus mulai darimana, akhirnya tak satupun dari inisiatif itu dilaksanakan.
  • Orang sukses menyesuaikan inisiatif dengan tujuan yang ingin dicapainya. Dia minimalisir inisiatif mana yang paling sesuai dan paling mendekatkan pada tujuan.
baca : silakan jual diri agar sukses.
# 8. Gosip.
  • Banyak orang yang suka dan rela menghabiskan waktunya hanya untuk mendengar gosip-gosip terbaru di sekitarnya, bahkan rela menonton acara gosip berjam-jam, karena mendengar kabar "buruk" yang menimpa orang lain itu menyenangkan. Padahal menghabiskan waktu untuk gosip itu tidak produktif dan membuang waktu.
  • Orang sukses sedapat mungkin menghindari gosip, atau menghabiskan waktu untuk mengurusi hidup orang lain. Dia lebih senang menghabiskan waktu mengurusi hidupnya. Dia sangat menyadari bahwa kesuksesannya tergantung pada kerja kerasnya sendiri.
baca : orang sukses mampu membangun dengan bata yang dilempar kepadanya.
#9. Memborong kerjaan.
  • Ada orang yang merasa bisa mengerjakan semuanya dan tidak mempercayai orang lain untuk menyelesaikan sebagian pekerjaannya. Akhirnya tenaga dan waktunya terkuras untuk itu.
  • Orang sukses tidak memborong semua kerjaan, tapi mendelegasikan kepada orang lain. Dia memilih orang-orang tertentu dan memberi kepercayaan padanya untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
baca : 11 aturan umum dalam keluarga yang sukses.
#10. Tak bisa mengatur.
  • Banyak orang yang tidak bisa mengatur hidupnya dengan baik. Selalu tergesa-gesa, gugup dan sering kebingungan saat mencari dokumen tertentu. Orang ini tidak mengatur semua aktivitasnya, tidak melakukan filing, tidak menyimpan berkas dalam tempat tertentu dan diberi tanda, sehingga memudahkan saat membutuhkannya. Akhirnya banyak waktu terbuang hanya untuk mencari berkas, dokumen dan sebagainya.
  • Orang sukses mengatur hal-hal yang terkait dengan bisnis dan kehidupannya. Kalau perlu dia menyewa / membayar seseorang untuk mengaturkan hal tersebut baginya, demi efesiensi waktu.
Anda sudah lihat 10 hal yang membedakan orang kebanyakan dari orang sukses. Hal itu karena pengaturan waktunya yang berbeda.
baca juga : 13 alasan mengapa kamu tak kunjung sukses

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !