Apa Perbedaan Mendasar Antara Cewek Korea dan Cewek Jepang

Saat menetap di Jepang tahun lalu saya mengalami kesulitan untuk membedakan tampang cewek Jepang, cewek Korea maupun cewek dari daratan Cina. Mereka semua kelihatannya punya tampang yang sama di mata saya, mata sipit, rambut lurus dan kulit putih. 
Kali ini saya akan membahas apa perbedaan mendasar antara cewek Jepang dan Cewek Korea selain ciri fisik mereka.


cewek











# 1. Di depan umum
  • Adalah hal yang biasa bagi cewek Korea untuk jalan bergandengan tangan dengan teman ceweknya. Sementara di Jepang jarang terlihat cewek yang dewasa bergandengan tangan dengan teman ceweknya, kecuali kalau ingin dianggap lesbian.
  • Cewek Korea acuh saja menerima panggilan telepon atau berbicara dengan suara bising di dalam transportasi umum, entah itu dalam kereta maupun dalam bis. Sementara di Jepang adalah tidak sopan untuk melakukan paggilan atau menerima telepon di dalam kereta / bus karena dianggap mengganggu orang lain. Itu sebabnya cewek Jepang menahan diri untuk tidak menelepon selama menggunakan transportasi umum.
  • Cewek Korea seolah tak malu dan cuek saja jika harus bertengkar di depan umum. Sementara cewek Jepang merasa malu untuk melakukan pertengkaran di depan umum. 

# 2. Romantisme
  • Cewek Korea cenderung mengharapkan pacarnya untuk membayari pengeluaran kencan mereka. Sementara cewek Jepang cenderung untuk berbagi tagihan, tergantung kondisi keuangan sang pacar. Di Jepang dianggap sopan dan bertata krama jika seseorang mengeluarkan dompetnya dan memberi tanda untuk membayar, meskipun dia tahu bahwa yang lain pasti juga akan membayar. Sementara di Korea ketentuan umum adalah cowok harus bertanggung jawab membayari semua makanan dan kebutuhan ceweknya (mirip kita di sini ya..??). Cewek Korea kebanyakan diputusin sama cowok yang non Korea termasuk para bule-bule yang tak sanggup menbayari makanan dan kebutuhannya terus menerus.
  • Seberapa sering cewek Jepang menghubungi pacarnya, tergantung pada tipe ceweknya. Ada yang sering ada juga yang jarang. Sementara cewek Korea wajib hukumnya untuk menelepon dan mengetahui keberadaan cowoknya setiap hari. Konon buat cowok yang jarang menelepon ceweknya bisa dicurigai telah berselingkuh (wah parah..!)

# 3. Interaksi sosial
  • Cewek Korea lebih ramah terhadap orang asing. Mereka bisa lebih mudah akrab dengan mereka yang baru dikenalnya, dan tidak segan-segan memuji apa yang disukainya pada orang lain. Sementara cewek Jepang lebih pemalu dan tak terlalu ramah pada orang asing. Mereka bisa berbicara pada orang asing jika tuntutan pekerjaan mengharuskannya. Tapi jika orang asing meminta tolong dengan sopan, mereka juga tak akan keberatan padanya.
  • Cewek Korea orangnya terus terang dan jujur. Kalau kamu bertanya apakah kamu keliatan gemuk dalam balutan sebuah gaun pada cewek Korea dan mereka bilang tidak, kemungkinannya memang kamu tidak tampak gendut di baju itu. Sementara kalau kamu tampak tidak menarik dan kelihatan murahan dia akan terus terang dan ngomong langsung pendapatnya tak peduli kamu suka atau tidak mendengarnya. Sementara cewek Jepang terkadang harus berpura-pura karena tak ingin menyakiti orang lain. Ada ungkapan yaitu uso mo houben yang artinya bohong itu buruk tapi terkadang diperlukan untuk kepentingan yang baik.

# 4. Kecantikan ideal

  • Cewek Korea mengagungkan kecantikan yang sempurna dan terlihat natural sementara cewek jepang mengagungkan kecantikan yang inocent alias kekanak-kanakan yang sedang mekar-mekarnya.
  • Ironisnya jumlah orang yang melakukan operasi plastik di Korea jauh lebih besar dibanding di Jepang. Prosentase wanita yang merelakan wajahnya dipermak oleh dokter bedah plastik sampai 50% begitu mereka menyentuh umur 30 tahun. Wow angka yang fantastis. Operasi plastik yang umum adalah membuat kelopak mata bersusun (double eye lid), agar mata kelihatan lebih besar. Di Korea hal yang umum orangtua memberikan kado kelulusan SMA buat anak gadisnya berupa operasi plastik tersebut di atas. Kalau di Jepang persentasi orang yang melakukan operasi plastik hanya berkisar 10 % saja. 


BONUS

Video musik penyanyi terkenal Jepang Kyari Pamyu Pamyu




Video musik Taeyeon pentolan SNSD alias Girl Generation, grup musik top Korea

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !