9 Tips Belajar Super Cepat

Pembelajar cepatlah yang akan menang

Di era kompetitif seperti sekarang ini dibutuhkan orang yang memiliki kualitas cepat belajar. Tak ada yang tak bisa dipelajarinya, dan untuk menguasainya dia tidak butuh waktu lama. Mereka inilah yang bakalan menang dan menguasai dunia. Bagaimana menjadi pribadi yang cepat belajar, bahkan pada hal-hal yang belum pernah dikenal sebelumnya?


Tips belajar super cepat


(1) Harus punya ketertarikan
  • Sebelum mulai belajar hal-hal baru terlebih dahulu milikilah ketertarikan tanpa hal tersebut. Seperti halnya untuk mencintai seseorang kita harus tertarik pada yang bersangkutan terlebih dahulu barulah kita mulai mengenalnya sedikit demi sedikit. Begitu juga dalam belajar. Miliki ketertarikan pada apa yang akan anda pelajari, kenali seperti apa itu. Biasanya keingintahuan akan membuahkan ketertarikan. Dan rasa tertarik pada suatu hal membuat kita ingin mengetahui lebih banyak dan akhirnya belajar lebih cepat.

(2) Pastikan punya tujuan belajar
  • Tujuan mendorong kita untuk fokus. Tanyakan pada diri apa tujuan saya mempelajari hal ini? Apakah benar bermanfaat? Bagaimana caranya saya menguasainya sehingga mencapai tujuan yang sudah digariskan.
  • Hal ini akan membuat kita lebih fokus dan menandai hal-hal yang perlu dipelajari yang sejalan dengan tujuan pembelajaran tersebut. Jadi hal-hal yang tak sejalan dengan tujuan tinggalkan saja. Hal ini berarti meminimalisir yang harus dipelajari sehingga bisa menguasainya lebih cepat.

(3). Identifikasi cara belajar kamu
  • Cara belajar menentukan sejauh mana kamu bisa menyerap apa yang kamu pelajari dengan cepat. Apakah cara belajarmu cenderung dengan melihat, mendengarkan, membaca kisah sukses orang lain atau malah langsung mengerjakan (learning by doing)?
  • Sesuaikan cara belajar mana yang paling cocok dengan kamu. Jika kamu belajar dengan cara yang paling kamu sukai, akan lebih cepat dimengerti.
(4) Cari mentor yang tepat
  • Jika perlu carilah mentor yang menguasai bidang tersebut dan belajar langsung darinya. Perhatikan saran-saran mentor dan lakukan seperti apa yang diajarkan.

(5) Siapkan waktu untuk belajar.
  • Sediakan waktu untuk belajar, kalau perlu di jam atau waktu yang sama setiap harinya agar kamu bisa fokus dan terbiasa. Gunakan waktu belajar tersebut seefektif mungkin, selama selama waktu tersebut (katakanlah 2 jam) perhatianmu betul-betul tersisa hanya untuk belajar.
  • Dan catat kemajuan pembelajaranmu setiap hari sehingga mencapai target apa yang harus kamu pelajari.

(6) Kuasai sebelum melangkah
  • Maksudnya sebelum melangkah ke topik selanjutnya pastikan bahwa kamu telah menguasai topik sebelumnya. Untuk memastikannya ulangi kembali poin-poin dari topik sebelumnya yang kamu anggap penting.
  • Penting untuk memastikan bahwa waktu belajarmu tidak sia-sia.
(7) Tinggalkan semua pengganggu.
  • Waktu belajar adalah fokus pada materi. Matikan HP, tidak ada sms, chat, email atau gangguan dering telepon. Matikan TV, games, internet bahkan musik, kecuali jika kamu terbiasa dengan musik klasik yang konon bisa merangsang otak lebih baik dibanding musik lainnya.

(8) Tandai semua kata kunci dan poin penting
  • Setiap materi memiliki kata kunci dan poin penting yang menjadi roh dari materi tersebut. Tandai dan kemukakan apa yang kamu pahami dari kata kunci dan poin penting tersebut.

(9) Praktekkan yang kamu pelajari
  • Untuk mengetahui apa yang kamu pelajari itu memang benar-benar bermanfaat dan perlu kamu kembangkan, praktekkan apa yang telah kamu pelajari. Lakukan sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Ibarat orang yang ingin belajar naik sepeda, meski sudah membaca ribuan buku tips n trik naik sepeda yang baik dan benar, punya mentor yang paling berpengalaman, sudah menonton banyak tutorial di youtube, tapi tak pernah praktek naik sepeda di halaman, ya sama saja bohong. 
  • Ilmu akan sebatas jadi teori yang bakalan dilupakan seiring dengan waktu. Beda dengan praktek, akan terus teringat sampai kapanpun. Sekali menguasai kita tak pernah lupa bagaimana caranya naik sepeda, bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !