13 Kunci Menikmati Hidup

Hidup itu hanya sekali sayang kalau tak dinikmati.

  • Banyak orang yang selalu galau dan tak tahu bagaimana menikmati hidup yang singkat ini. Padahal menikmati hidup itu gampang sekali. Buat hidup jadi simpel maka semua akan mudah, termasuk mudah dinikmati.


13 kunci menikmati hidup yang singkat ini :

(1) Lakukan apa yang kamu bisa, sekarang!
  • Lakukan apa yang kamu bisa saat ini, sekarang juga. Tak perlu menunggu besok atau lusa. Menunda mengerjakan sesuatu bisa jadi tidak mengerjakannya. Jika belum bisa, jangan memaksakan diri, pelajari terlebih dahulu. Tidak ada kata tak bisa jika memang ingin belajar.
  • Kunci dari menikmati hidup adalah melakukan apa yang kamu bisa sekarang juga. Jang fokus pada sesuatu yang tak kamu bisa. Dan jangan menunda seseuatu yang kamu bisa lakukan sekarang.

(2) Jangan menganggap hidup itu tidak adil
  • Karena tidak semua orang mendapatkan hal yang sama. Ada yang sukses tapi ada juga yang gagal. Ada yang kaya, ada juga yang miskin. Ada yang cantik, tapi banyak juga yang buruk rupa. Jangan menganggap Tuhan tidak adil, tapi itulah prinsip keseimbangan, agar dunia bisa berjalan lebih baik. Agar kita bisa menghargai yang lebih saat kita lihat kekurangan. 
  • Jangan menangisi sesuatu karena telah terjadi. Tapi tersenyumlah karena semua yang terjadi pasti ada sisi positifnya, ada hikmahnya, dan kita menjadi bagian dari kejadian itu. Minimal kita belajar menghadapinya.
  • Kunci menikmatai hidup adalah menerima dunia seperti apa adanya. Jangan terlalu banyak prasangka dan tuduhan.

(3) Hal-hal kecil membuat hal-hal besar berarti.
  • Jangan meremehkan hal-hal kecil. Hal-hal besar terjadi dari sekumpulan hal-hal kecil yang dilakukan dengan penuh cinta. Hal-hal remeh yang tak pernah kita perhitungkan ternyata berpengaruh besar dalam hidup.
  • Contohnya memberi permen gratis pada anak-anak kecil yang sedang bermain. Lalu dengan mata berbinar mereka berucap terima kasih pada anda, bukankah itu hal kecil tapi sangat berarti buat kita. Kebaikan besar dimulai dari kebaikan kecil terlebih dahulu.

(4) Kalau tak suka sesuatu, rubahlah !
  • Kamu toh bukan pohon, bisa bergerak. Pasrah hanya dilakukan oleh mereka yang gampang menyerah. Jika tak suka pekerjaanmu, pindah! Cari pekerjaan lain yang lebih kamu sukai. Tidak ada yang sulit selama mau mencari dan mau bekerja. Untuk apa menghabiskan umur mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai?
  • Kunci dari menikmati hidup adalah melakukan hal yang disukai.

(5) Tak perlu merasa tua untuk belajar

(6) Apapun profesimu jadilah orang terbaik di situ.
  • Jika profesimu adalah karyawan jadilah karyawan yang baik. Jika kmau seorang guru jadilah guru yang profesional. Jika kamu seorang pebisnis jadilah bisnismen yang handal. Keahlian membuat seseorang dihargai. 
  • Kunci dari menikmati hidup adalah menjadi ahli di bidang yang kamu geluti. Keahlian membuat kita selalu dibutuhkan di manapun berada. 

(7) Jangan terlalu tinggi khayalan.
  • Tinggi khayalan bisa membuat kita terlena. Tak perlu mengharap terlalu banyak, berbuat saja yang terbaik. Hargai segala sesuatu yang kita miliki. Tak perlu mengharap burung di langit tapi burung di tangan di lepaskan. Hargai yang kita miliki, usah berharap sesuatu yang tak tergapai.
  • Kunci menikmati hidup adalah tak berharap banyak tapi menghargai semua milik kita.

(8) Jangan takut gagal
  • Takutlah untuk tidak mencoba. Jauh lebih berarti jika mencoba dan gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali. Tanpa mencoba kamu tak akan pernah tahu sejauhmana kemampuanmu. Kegagalan mengajarkan kita banyak hal. Bukan hanya menerima kekecewaan dengan hati terbuka tapi juga belajar banyak hal-hal apa yang perlu diperbaiki agar bisa berhasil.
  • Kunci menikmati hidup adalah mengeliminir ketakutan kamu, termasuk takut gagal.

(9) Berbuat baiklah 
  • Semua orang sibuk menghadapi masalahnya sendiri. Tak perlu pusing dengan urusan dan aib orang lain. Hindari gosip, rumor dan ucapan kasar. Tak susah untuk berkata lemah lembut dan bersikap baik pada setiap orang. Bahkan pada orang yang tak kita sukai sekalipun.
  • Kunci dari menikmati hidup adalah senantiasa berbuat baik setiap hari. Orang baik selalu mendapat tempat di dunia ini, di manapun dia berada.

(10) Butuh keberanian untuk dewasa dan jadi diri sendiri
  • Butuh keberanian untuk jadi orang dewasa dan mandiri. Banyak orang yang enggan untuk jadi dewasa  karena menjadi anak-anak untuk menyenangkan. Tak perlu memikirkan dan memecahkan masalah, tak perlu sibuk dengan urusan orang dewasa yang njelimet. Akhirnya hidupnya tak mandiri dan sangat bergantung pada orang lain.
  • Kunci dari menikmati hidup adalah say good bye pada masa kanak-kanak dan berani menjadi dewasa, berani menerima masalah dan berani menjadi diri sendiri.

(11) Yang lalu biarlah berlalu.
  • Lepaskan masa lalu dengan hati ikhlas. Semua itu tinggal kenangan manis dalam hati. Ambillah pelajaran darinya. Tak usah mengenang-ngenang masa lalu sampai membuat hati galau berlinangan air mata. Tak perlu mengagungkan kesuksesan masa lalu kecuali jika ingin memberi pelajaran pada orang lain. 
  • Kunci menikmati hidup adalah hiduplah terbatas untuk hari ini saja. Kemarin telah berlalu esok masih rencana yang belum pasti. Hari ini adalah hari kita, manfaatkan sebaik-baiknya.

(12) Kamu lebih dari apa yang kamu pikirkan
  • Kamu lebih berani, lebih cerdas, lebih kuat dibanding yang kamu pikirkan. Coba saja saat masalah datang mendera hidupmu, kamu toh bisa melaluinya. Jangan menganggap remeh kemampuanmu, karena banyak hal yang kamu sebetulnya bisa tapi tak kamu sadari.
  • Kunci menikmati hidup adalah memaksimalkan potensi yang dimiliki agar memberi manfaat yang banyak bagi hidup kita.

(13) Bersyukur
  • Pikirkan 3 hal yang bisa kamu syukuri setiap hari sebelum tidur. Hal itu membuat kamu menjadi manusia paling kaya, paling diberkahi, paling beruntung di dunia ini. Karena kamu fokus pada apa-apa yang telah diberikan Tuhan padamu. Bukan hal-hal yang kamu inginkan tapi belum kamu miliki. Perasaan itu akan membuatmu merasa kurang dan paling tak beruntung di dunia.
  • Kunci menikmati hidup adalah menjadikan syukur sebagai aktivitas harian kita. Banyak bersyukur banyak beruntung.
Itulh 13 kunci menikmati hidup yang singkat ini. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !