10 Alasan Mengapa Harus Mengurangi Konsumsi Gula

Tubuh kita memang butuh gula. 

  • Itu sebabnya kita sangat menyukai makanan manis. Sekarang ini sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan makanan manis. Mulai dari desert (pencuci mulut) dari segala jenis puding, cake, es krim, belum lagi minuman manis seperti sirup, soda, jus kemasan, kopi dan teh kemasan semua sudah bercampur gula. Penjelasan lebih lanjut dapat di baca di artikel mengapa kita sangat kecanduan gula? Tapi segala sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik. 
  • Mengapa kita harus mengurangi makanan manis alias mengurangi asupan gula dalam tubuh?
gula


Alasan mengapa harus mengkonsumsi gula

# 1. DIABETES
  • Diabetes adalah penyakit yang jadi momok saat ini. Komplikasi yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah ini sangat mengerikan, seprti bisa mempengaruhi jantung, mata, organ reproduksi. Dulu orang mengira penyebab diabetes adalah obesitas (kegemukan). Tapi kenyataannya banyak juga orang yang kurus menderita diabetes karena pola hidupnya yang mengkonsumsi banyak gula. Minum 1 kaleng soda setiap hari saja bisa meningkatkan resiko menderita diabetes 1,1 %.
  • Baca juga mitos tentang diabetes yang perlu diluruskan.
# 2. MELEMAHKAN MEMORI
  • Hasil penelitian dari Universitas California menunjukkan bahwa asupan fruktosa yang tinggi dalm tubuh dapat menyebabkan kelemahan dalam mengingat dan belajar. Singkatnya bagi yang kebanyakan mengkonsumsi gula suka gampang lupa, dan susah mengingat apapun. Tentu saja hal ini bisa menurunkan fungsi otak.
  • Makanan yang kaya omega-3 seperti salmon dapat mengatasi masalah ini.
# 3. GIGI TANGGAL
  • Ada kaitan yang erat antara gigi tanggal dan konsumsi gula yang berlebihan. Kurangi asupan gula / makanan manis dalam diet harian anda sampai 5 % saja untuk mengurangi masalah gigi, termasuk gigi berlubang.
# 4. ASMA
  • Hasil penelitian yang dilakukan di Australia tahun 2012 lalu menunjukkan bahwa anak-anak yang menenggak setengah liter soda setiap harinya, secara siginifikan menunjukkan lebih mudah menderita gejala asma dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.
# 5. SERANGAN JANTUNG
  • Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan adanya hubungan yang erat antara serangan jantung dan konsumsi gula. Mereka yang memenuhi asupan kalorinya 25 % berbentuk gula setiap hari dikatakan memiliki resiko mendapatkan serangan jantung dua kali lebih besar dibanding mereka yang hanya mengkonsumsi 7 % gula setiap hari.
# 6. MEMPENGARUHI KESEIMBANGAN USUS
  • Kebanyakan konsumsi gula dapat menyebabkan keseimbangan usus terganggu. Ketidakseimbangan ini akan melemahkan daya tahan tubuh, melumpuhkan sistem pencernaan, meningkatkan peradangan dalam tubuh.
# 7. OBESITAS
  • Studi menunjukkan adanya korelasi antara besarnya konsumsi minuman dan makanan manis dengan kegemukan. Semakin banyak asupan gula yang masuk, semakin meningkat berat badan dan jika tak merubah pola hidup bisa berujung pada kegemukan.
# 8. MENINGKATKAN RESIKO KANKER
  • Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena kanker ovarium, kanker kerongkongan dan kanker mulut rahim (endometriosis). Gula juga menyebabkan kegemukan yang bisa menyuburkan pertumbuhan sel-sel kanker.
#9. MENINGKATKAN KADAR KOLESTEROL
  • Peneliti dari Universitas Emory menemukan bahwa ada hubungan dengan meningkatnya kadar gula darah dengan meningkatnya LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung.
# 10. MEMPERCEPAT PENUAAN
  • Meningkatnya kadar gula dalam darah membuat kita tua lebih cepat. Kulit pun mengalami penuaan dan menurun elastisitasnya. 
  • Baca juga : bagaimana soda merusak tubuh?.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !