12 Keterampilan yang Mutlak Diperlukan Orang Untuk Sukses.

Sukses, berhasil, banyak uang, kaya dan berlimpah harta adalah impian setiap orang. Demi tercapainya sukses yang diidam-idamkan banyak orang belajar dan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai kedudukan itu. Para milyuner, jutawan dan orang-orang terkaya di dunia menunjukkan bahwa menjadi sukses dan berlimpah uang itu bisa dicapai jika seseorang betul-betul berusaha mengejar impian tersebut.
Menjadi kaya dan sukses itu bukan pekerjaan yang mudah tapi bukan sesuatu yang tidak mungkin. Beberapa keterampilan dipercaya dapat menjadi batu loncatan untuk mencapai hidup sukses berlimpah harta. Apa saja itu?

  1. Kemampuan mendengarkan. Semua orang mungkin pandai berbicara tapi tidak semua orang pandai mendengarkan. Maksudnya mendengarkan testimoni para pengusaha sukses, mentor, guru, para ahli di bidangnya untuk mendapatkan pelajaran berharga, memparktekkan apa yang mereka katakan dan tidak berhenti saat mengalami kegagalan.
  2. Kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengekspresikan pikiran. Jika seseorang mampu menyampaikan ide-idenya dengan baik maka dia bisa menggerakkan timnya untuk membantunya menuju sukses yang diidamkan. Kemampuan berkomunikasi juga mencakup kemampuan menjual. Entah itu menjual dirinya serta kemampuan yang dimilikinya agar dipercaya klien atau pimpinan juga mampu menjual produk yang dihasilkannya. Mampu menggerakkan orang untuk menyukainya dan mengikuti saran-sarannya. Orang seperti ini memiliki kharisma yang menarik semua orang datang kepadanya dan mempercayainya dengan sepenuh hati.
  3. Rasa humor. Seseorang yang mampu membuat orang lain tertawa akan disenangi banyak orang. Orang yang lucu pasti kelihatan lebih menarik ketimbang orang yang kaku. Orang akan betah berlama-lama di dekatnya hanya untuk mendengarkan guyonan, candaan dan humor-humor segar darinya. 
  4. Fokus pada masa sekarang. Orang yang fokus pada masa sekarang bukannya tidak memikirkan masa lalu ataupun masa depan. Tapi mereka sangat menyadari bahwa masa lalu tinggal kenangan dan masa depan adalah misteri. Mereka sangat sadar bahwa siapapun yang ingin berhasil di masa depan harus memulainya dari sekarang, bukan kemarin atau besok tapi hari ini sudah harus mengambil langkah awal. Mereka membatasi diri hanya hidup di masa yang ada dalam kekuasaannya. 
  5. Kebaikan hati. Orang yang memiliki kebaikan hati akan melakukan segala sesuatu sesuai dengan prinsip bahwa tidak ada yang salah dengan berbuat baik. Perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan juga. Orang yang berbuat baik hidupnya akan dimudahkan karena banyak teman dan banyak yang membantunya mencapai tujuan. Orang tentu lebih senang dan lebih percaya pada orang yang baik bukan?
  6. Kemampuan menulis, kemampuan berkomunikasi melalui tulisan. Seseorang yang bisa menulis dengan baik mampu menyimpan ide-idenya, mengembangkannya dalam bentuk tulisan yang terinci untuk membantunya mengambil keputusan. Juga kemampuan ini membuatnya bisa mentransfer ilmu pada bawahan atau rekan setimnya supaya mereka paham apa yang diinginkannya. Orang akan lebih mudah memahami sebuah konsep yang dituangkan dalam sebuah tulisan yang baik ketimbang cuma bicara yang tidka jelas. Demikian juga komunikasi dengan klien atau konsumen potensial akan lebih mudah dipengaruhi melalui bahasa gambar dan kata-kata.
  7. Memiliki gairah, semangat dan pemenuhan cita-cita. Seseorang yang memiliki gairah dan semangat membara yang tak pernah padam tak ada yang bisa menghentikannya sebelum tiba di tujuan. Bahkan kegagalan dan ketakutan juga tak bisa membuatnya mundur. Baginya melangkah satu langkah lebih baik daripada tidak bergerak sama sekali.
  8. Memiliki ekstra kesabaran. Orang sabar itu bukan berarti dia tidak berusaha. Tapi dia tahu bahwa untuk mencapai cita-citanya banyak hal yang berada di luar jangkauannya. Jika dia berada dalam situasi yang tidak menguntungkan dia akan menganalisa dengan sabar, mencoba mencari jalan keluar dna solusi terbaik. 
  9. Kemampuan untuk menahan diri berbuat kekerasan. Mereka sangat paham bahwa tidak ada sesuatu yang bisa diselesaikan dengan mengandalkan kekerasan. Kalaupun keinginan tercapai tapi rasa sakit yang kita akibatkan pada orang lain akan menjadi batu sandungan dalam melangkah ke tahap selanjutnya.
  10. Memiliki kepercayaan diri. Orang percaya diri tahu seberapa besar kemampuannya, mampu membuktikannya dan tetap rendah hati. Klien, konsumen atau pimpinan selalu mempercayai orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena mereka yakin bahwa dia pasti bisa menyelesaikannya seperti apa yang diminta bahkan mungkin lebih baik.
  11. Ilmu yang dimiliki. Sukses itu ada ilmunya, makanya tidak semua orang bisa mencapainya. Klau mau sukses jadilah orang yang berilmu, yang mempelajari dengan baik apa sukses itu sampai menguasainya. Selnjutnya mempraktekkan apa yang diketahuinya sambil memperhatikan apa yang dilakukan orang-orang sukses dan mengambil apa yang cocok untuknya.
  12. Berani beda dengan orang lain. Lakukan sesuatu yang lebih baik dari siapapun di dunia ini dan bermanfaat untuk orang banyak (meskipun itu sesuatu keterampilan yang kecil saja). Memiliki kemampuan yang dapat dilakukan oleh 100 juta penduduk dunia yang lain, meskipun kelihatannya potesial tidak terlalu dianggap penting seperti halnya jika kita memiliki kemampuan  / keterampilan yang unik. Salah satu cara untuk menghasilkan sebuah keterampilan yang unik adalah menggabungkan dua keterampilan yang betul-betul beda menjadi satu keterampilan yang unik. Misalnya menjadi ahli komputer di abad modern ini mungkin menjadi sesuatu yang biasa. Menjadi orang yang paham tentang kehidupan lumba-lumba juga juga tidak terlalu istimewa. Tapi jika kamu bisa menggabungkan kedua keterampilan ini dengan menciptakan software yang bisa mendeteksi keberadaan lumba-lumba atau memecahkan bagaimana lumba-lumba bisa berkomunikasi dengan sesamanya melalui alat tertentu yang kamu ciptakan.
Itulah 12 keterampilan yang mutlah diperlukan untuk sukses. Jangan hanya terhenti dalam cita-cita tapi lanjutkan dan jangan pernah menyerah. Salam sukses! Baca juga 5 keterampilan yang harus dimiliki semua orang.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !